Sunday, July 10, 2011

Keluarga kromatografi

Kromatografi ternyata juga punya keluarga lho… lalu siapa saja keluarganya..

Dalam Chromatography Encyclopedia of Separation Science, Poole mengklasifikasikan teknik kromatografi seperti dalam gambar.


GSC  (gas-solid chromatography), kromatografi dengan fase gerak gas dan fase diam padat. Dalam GSC mekanisme pemisahan adalah adsorpsi interfasial dan perbedaan ukuran molekul (size exclusion).

GLC (gas-liquid chromatography). kromatografi dengan fase gerak gas dan fase diam cair.
Istilah GC (gas chromatography), jika tidak ada spesifikasi yang disebutkan, biasanya merupakan GLC. Pemisahan dalam GLC terjadi karena perbedaan partisi analit dalam gas-cairan dan adsorpsi interfasial.

SFC (Supercritical fluid chromatography) merupakan kromatografi dengan fase gerak cairan superkritis dengan fase diam berupa padatan maupun cairan. Mekanisme interaksi yang terjadi merupakan adsorpsi interfasial maupun partisi.

LSC (liquid-solid chromatography), kromatografi dengan fase gerak cairan dan fase diam padatan. Pada isitem kromatografi ini, mekanisme interaksi yang terjadi adalah  adsorpsi interfasial.

Apabila dalam system kromatografi ini diguankan fase diam dengan ukuran partikel atau pori tertentu maka interaksi yang terja merupakan pemisahan ukuran molekul atau istilahnya size-exclution, sehingga system ini disebut size exclusion chromatography atau SEC.

IEC atau IC  (ion exchange chromatography atau ion chromatography), kromatografi dengan fase diam yang mempunyai gugus-gugus ionik yang berperan mengikat senyawa bermuatan dalam sampel sehingga senyawa-senyawa dalam sampel yang mempunyai muatan yang berbeda dapat terpisah.

AC (affinity chromatography), biasanya diguanakan dalam bioteknologi. Merupakan kromatografi dengan fase diam padat yang memiliki gugus-gugus terikat seperti reseptor yang dapat mengikat solute dengan interaksi tiga dimensi.

BPC (bonded-phase chromatography), kromatografi dengan fase diam padatan dengan permukaan yang mengandung gugus organic yang terikat secara kimiawi pada permukaan ini. distribusi yang dominan merupakan adsorpsi interfasial dan partisi.

LLC (liquid-liquid chromatography), kromatografi dengan fase diam cairan yang dilapiskan pada suatu padatan dengan mekanisme kromatogafi yang dominant merupakan partisi.

No comments:

Post a Comment