Sunday, July 10, 2011

Bonded-phased Chromatography

Kromatografi fase terikat atau istilah kerennya bonded-phase chromatography alias BPC merupakan kromatografi yang menggunakan fase diam yang secara kimia terikat pada suatu penyangga dan merupakan metode yang paling umum digunakan dalam kromatografi cair (LC). 

Matriks penyangga yang paling populer digunakan adalah silika gel dengan ukuran mikropartikel. Oktadesilsilikat (ODS) merupakan salah satu contoh bahan yang diikatkan pada penyangga ini dan biasa digunakan dalam kromatografi fase terbalik (reversed-phase chromatography, RPC).


Bahan yang diikatkan pada penyannga dalam kromatogrfi fase terikat disesuaikan menurut aplikasi yang akan digunakan, yang meliputi LSC, SEC, RPC, IEC dan CEC.


Kromatografi fase terbalik (RPC) merupakan bentuk khusus dari kromatografi fase terikat dengan fase gerak lebih polar daripada fase diam. RPC digunakan secara luas pada senyawa-senyawa netral dengan polaritas yang luas, yang meliputi:

Ion suppression (ISC). Tingkat ionisasi asam lemah dan basa lemah dalam suatu larutan dalam air dapat diatur dengan mengendalikan pH fase gerak menggunakan larutan buffer. Dengan pengendalian ini maka senyawa-senyawa yang mempunyai konstanta ionisasi yang berbeda akan terpisah.   

Ion pair chromatography (IPC). Merupakan teknik kromatografi yang menggunakan kesetimbangan kimia sekunder untuk mengontrol retensi dan selektivitas dalam kromatografi cair selain eknik ISC. IPC menggunakan reagen pasangan ion untuk mengelusi senyawa ionik dari larutan dalam air dengan suatu pelarut yang tidak bercampur dalam pelarut organik.

Metal-complexation chromatography (MMC). Penambahan ion logam dalam fase gerak dapat memperbaiki pemisahan solut yang dapat membentuk kompleks dengan logam tersebut kerena perbedaan konstanta distribusi kompleks-kompleks tersebut dalam fase gerak dan fase diam.

Micellar liquid chromatography (MLC). Larutan misel dalam air, yaitu larutan yang mengandung surfaktan pada konsentrasi di atas konsentrasi kritis miselnya, menghasilkan selektivitas kromatografi yang unik. Misel dapat digunakan untuk memodifikasi konstanta distribusi analit dalam fase gerak dan fase diam. Selektivitas kromatografi dan kekuatan pelarut dapat dikendalikan dengan mengatur konsentrasi misel dan tipe surfaktan yang digunakan.

Hydrophobic interaction chromatography (HIC). Teknik kromatografi ini banyak digunakan dalam pemisahan dan pemurnian protein. Fase diam merupakan lapisan tipis suatu bahan hidrofobik pada silika atau polimer sehingga protein dapat terikat pada fase diam ini secara lemah. Pemisahan protein terjadi karena perbedaan hidrofobisitas protein dan dipengaruhi juga oleh perbedaan konformasi protein tersebut.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. bisa tolong kasi sumbernya? :)
    kalo bisa buku atau jurnal

    ReplyDelete