Thursday, August 25, 2011

Difusi Eddy

Lintasan yang ditempuh oleh setiap bagian sampel dalam melewati kolom packed berbeda-beda, sehingga jarak lintasan yang ditempuh juga berbeda-beda dari setiap bagian sampel yang melewati kolom. Perbedaan lintasan ini disebabkan oleh karena sampel harus bergerak melalui celah-celah di sekitar partikel fase diam yang berkelok-kelok dan bercabang-cabang. Variasi lintasan laju alir sampel dalam kolom packed ini menyebabkan pelebaran pita yang seharusnya hanya tergantung pada kerapatan dan homogenitas susunan partikel fase diam dalam kolom.
Peranan kerapatan dan homogenitas susunan partikel fase diam dalam kolom total tinggi lempeng sebanding dengan ukuran partikel dan dapat dirumuskan:

Hε = 2λdp
Hε adalah peranan difusi eddy pada tinggi lempeng total, λ adalalah faktor pengepakan dan dp adalah diameter partikel rata-rata. Faktor pengepakan adalah konstanta dimensi yang biasanya memiliki nilai antara 0,5 sampai 1,5. Untuk kolom terbuka (open tubuler) tidak terjadi difusi eddy.

Pelebaran pita akibat difusi eddy dapat diminimalkan dengan menggunakan ukuran partikel sekecil mungkin yang masih dapat dipakai sebagai fase diam dalam kromatografi (jangan terlalu kecil karena kolom justru akan tersumbat yang menyebabkan solut dan fase gerak tidak dapat mengalir) serta penggunaan ukuran partikel yang seseragam mungkin.

Apabila digunakan partikel dengan distribusi ukuran partikel yang lebar akan menyebabkan pelebaran puncak yang besarnya tergantung pada ukuran partikel paling besar, sedangkan ukuran partikel paling kecil akan berpengaruh pada tekanan yang dihasilkan. Kedua efek ini dapat menyebabkan kinerja kolom yang buruk.

No comments:

Post a Comment