Sunday, March 25, 2012

Apa yang dimaksud analisis frontal (frontal analysis) dalam kromatografi?

Pengembangan kromatografi dengan metode frontal analisis sangat jarang digunakan dan kemungkinan hanya digunakan pada studi akademis saja; tipe ini hanya secara efektif dapat digunakan dalam sistem kromatografi kolom.
Sampel dimasukkan secara terus menerus ke dalam kolom sebagai larutan encer dalam fase gerak. Hal ini berbeda dengan pengembangan pendesakan dan elusi, dimana sampel yang akan dipisahkan ditempatkan dalam sistem kromatografi dan pemisahan berlangsung secara bergantian.

Analisis frontal dapat memisahkan suatu campuran sampel dengan hasil yang relatif murni hanya untuk komponen sampel yang pertama kali keluar dari sistem kromatografi, setiap komponen sampel berikutnya tercampur dengan komponen yang terelusi didepannya.

Katakanlah dalam suatu campuran sampel terdapat tiga komponen yang hendak dipisahkan, yaitu (A), (B)  dan (C), yang merupakan larutan encer dalam fase gerak yang dimasukkan secara terus menerus ke dalam kolom. Komponen pertama yang terelusi , (A), merupakan sampel yang paling lemah terikat fase diam. Sampel kedua, (B), akan terelusi tetapi masih tercampur dengan sampel pertama, yaitu (A). Akhirnya, sampel ketiga, (C), akan terelusi bersamaan dengan (A) dan (B). Dari sini terlihat jelas bahwa hanya sampel (A) yang terelusi menjadi komponen yang murni, oleh karena itu, analisis frontal tidak cocok untuk kebanyakan aplikasi analisis. Teknik pengembangan ini telah digantikan oleh pengembangan elusi.

1 comment:

  1. What does bk8 mean? (Look)
    1. How do you bet on the horse at the start of a 메리트카지노총판 race? 2. How do you bet on horses at the start of a race? 3. Is カジノ シークレット bk8 a “fairway” or “free bk8 money”?

    ReplyDelete